Untuk Anda yang sudah cukup sering mengoperasikan komputer atau laptop, kegiatan screenshot mungkin tidak lagi menjadi hal yang baru. Screenshot yang pada umumnya memiliki singkatan SS, sering digunakan untuk beraneka ragam kebutuhan, mulai dari keperluan presentasi sampai lampiran dalam laporan.

Tidak hanya itu saja, hasil dari tangkapan juga sering dibagian lewat media sosial atau perangkat lunak chat seperti Telegram, Line dan juga WhatsApp. Pada laptop dan juga komputer, fitur tangkapan merupakan menjadi fitur bawaan yang tersedia pada sistem operasi untuk dipakai. Akan tetapi, ada juga aplikasi pihak ketiga yang bisa didapatkan dengan cara gratis serta berbayar.

Walau melakukan tangkapan layar merupakan hal yang biasa, akan tetapi masih sebagian orang yang tidak mengerti bagaimana cara screenshot di laptop asus. Untuk banyak orang cara screenshot di laptop asus lebih susah dari melakukan screenshot pada layar ponsel pintar.

Setiap laptop yang menggunakan sistem operasi Windows, mulai dari Windows Vista, Windows XP, Windows 7, Windows 8, Windows 10, sampai Windows 11, mempunyai cara dasar yang hampir sama dalam melakukan tangkapan layar.

Meskipun demikian, pada setiap sistem operasi Windows tersebut juga memiliki cara lain untuk melakukan screenshot, yang agak lain. Perbedaan tersebut pada umumnya yang tidak dapat dilakukan pada sistem operasi yang tidak sama.

Berikut ini merupakan beberapa cara screenshot di laptop asus bagi orang yang belum mengetahui langkah langkahnya.

  1. Screenshot di Laptop dengan menggunakan Tombol PrintScreen yang tersedia pada keyboard

Salah satu cara melakukan screenshot di laptop dengan menggunakan 1 tombol yang sangat mudah dilakukan adalah dengan menggunkan tombol PrintScreen (prt sc) yang terletak pada bagian kanan atas keyboard laptop. Agar lebih jelas, berikut ini cara screenshot di laptop asus dengan memakai satu tombol saja.

  • Pertama, anda sudah membuka tampilan layar yang ingin anda screenshot.
  • Berikutnya, Sentuh tombol ‘Prt Sc’ pada keyboard laptop anda. Tombol tersebut biasanya terletak pada bagian paling atas sebelah kanan keyboard laptop.
  • Sesudah itu, akses aplikasi ‘Paint’ yang merupakan perangkat lunak bawaan dari Windows, kemudian klik kanan lalupilih menu ‘paste’ atau anda dapat menekan tombol kombinasi ‘ctrl + v’.
  • Hasil dari screenshot pada laptop atau komputer akan langsung tampak pada perangkat lunak Paint, berikutnya Anda bisa menyimpan dengan cara memilih menu File lalu sub menu Save As kemudian memilih format JPEG. Tidak hanya format JPEG saja, Anda juga bisa memilih format gambar yang lainnya sesuai keperluan, contohnya PNG.
  • Tidak hanya memakai perangkat lunak Paint saja, Anda juga dapat memakai perangkat lunak screenshot laptop yang lainnya seperti Microsoft Word untuk melihat hasil dari tangkapan layar tersebut.
  • Yang perlu anda perhatikan dari cara screenshot laptop diatas adalah tidak semua laptop dapat melakukan cara screenshot seperti yang sudah dijelaskan.

 

  1. Cara screenshot di laptop Asus dengan memakai Tombol kombinasi Windows + Prt Sc

Berikut ini merupakan Cara screenshot di laptop Asus dengan memakai Tombol kombinasi Windows + Prt Sc:

  • Pencet logo Windows + Print Screen (Prt Sc) dengan sekaligus pada keyboard komputer atau laptop anda.
  • Sesudah itu layar komputer atau laptop akan berkedip sesaat, hal tersebut memberikan tanda jika proses tangkapan layar telah berhasil.
  • Kemudian gambar hasil dari tangkapan layar akan tersimpan dengan otomatis.

 

 

 

 

RELATED ARTICLES

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *