Ada banyak faktor mobil bekas sulit laku dan kurang peminatnya. Faktor seperti harga jual dan kondisi mobil memberikan pengaruh terhadap minat pembeli. Belum lagi karena faktor pendukung lainnya seperti kebersihan dan kelengkapan peralatan tentunya bisa menambah keyakinan calon pembeli. Jadi sebaiknya sebelum memutuskan untuk menawarkan mobil kepada orang lain, pastikan semuanya harus sudah siap. Apa saja yang mesti disiapkan agar mobil bekas cepat laku? ini tipsnya.

 

Cek Secara Keseluruhan

 

Dalam menjual mobil, bukan hanya mesin yang akan dicek tetapi calon pembeli akan mengecek secara keseluruhan kondisi. Jadi penjual harus memperhatikan mesin, bagian interior dan eksterior, kaca, serta semua yang ada di mobil. Jika memang ada satu atau dua bagian yang harus diperbaiki, sebaiknya diperbaiki dahulu. Jangan sampai pembeli tahu ada kekurangan sehingga membuat harga jual menjadi turun.

 

Cek Harga Pasaran

 

Untuk menetapkan harga jual, penjual tidak boleh secara asal karena bisa kemahalan yang membuat calon pembeli tidak melanjutkan negosiasi. Ada baiknya penjual mengecek dahulu harga yang ada di pasaran mengenai merek dan tipe sehingga harga jual menjadi ideal. Ada banyak referensi harga yang bisa dimanfaatkan penjual seperti internet atau majalah otomotif.

 

Pastikan Semua Dokumen Lengkap

 

Ada hal yang tidak boleh diabaikan ketika jual mobil bekas karena penting sekali yaitu dokumen. Tanpa adanya dokumen seperti BPKB atau STNK, maka kendaraan akan sulit dijual. Jadi pastikan semua dokumen penting dan pendukung sudah lengkap dan bisa ditunjukkan langsung kepada calon pembeli ketika sedang bertemu membahas penjualan mobil. Beritahu juga mengenai nomor rangka dan juga nomor mesin pada mobil sudah sesuai dengan yang ada di surat.

 

Mobil Siap Untuk Test Drive

 

Setiap calon pembeli pastinya akan meminta izin kepada penjual untuk melakukan test drive kendaraan yang akan dibeli. Tujuannya untuk mengetahui kenyamanan dari mobil ketika berada di jalan. Sebagai penjual, tentunya harus memberikan izin sekaligus menemani calon pembeli untuk test drive di jalan umum yang dekat dari rumah.

 

Jual Mobil Pada Tempat yang Tepat

 

Memang sekarang ada banyak tempat untuk menjual mobil, tapi pastikan dahulu apakah calon pembeli percaya untuk beli di tempat tersebut. Salah satu pertimbangan yang tepat adalah dengan memanfaatkan lelang online yang diadakan salah satu grup Astra yaitu IBID.

 

jual mobil bekas

Sekarang IBID telah menjadi solusi tempat lelang otomotif seperti mobil bekas dengan proses yang praktis bagi semua orang. Proses pendaftarannya cukup mudah hanya dengan download aplikasi IBID, isi formulir, cek kendaraan di cabang terdekat, menentukan harga lelang, dan proses lelang akan berlangsung. Dijamin mobil akan terjual dalam waktu singkat, jadi install aplikasi IBID sekarang juga.

 

 

RELATED ARTICLES

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *