Sedikitnya ada lima bintang sepak bola yang bersaing untuk menjadi topskorer di ajang Euro 2020. Mereka memperebutkan penghargaan sepatu emas. Setelah tertunda selama satu tahun, Euro 2020 yang dinanti nantikan akhirnya akan dimulai dalam waktu kurang dari dua minggu lagi. 15 kali penyelenggaraan Euro sebelumnya telah memberikan beberapa momen luar biasa, diwarnai persaingan antara striker terbaik. Hal yang sama juga diharapkan dari Euro 2020.

Kejuaraan Eropa telah melahirkan beberapa pemain besar dalam sejarah. Dari Michel Platini hingga Zinedine Zidane, atau dari Gerd 'Der Bomber' Mueller hingga Cristiano Ronaldo. Kompetisi ini telah melahirkan daftar pemain yang menjadi ikon sepak bola dunia. Dalam satu edisi Euro, Michel Platini mencetak sejarah yang membawa namanya sebagai pesepak bola terbaik dalam sejarah Euro. Platini adalah satu satunya pemain yang mampu mencetak sembilan gol dalam lima pertandingan pada tahun 1984. Membawa Prancis menjadi juara pada tahun itu setelah mengalahkan Spanyol di babak final.

Legenda Prancis itu menjadi pencetak gol terbanyak dalam sejarah Euro meski hanya bermain lima pertandingan. Rekor dengan sembilan golnya bertahan hingga hari ini. Meskipun Cristiano Ronaldo juga mencetak sembilan gol di ajang Euro tapi dia dia membutuhkan 16 pertandingan dalam beberapa edisi Euro untuk mencapainya. Banyak striker yang selama bertahun tahun telah mencoba memecahkan rekor Platini. Tetapi tidak ada satupun yang berhasil mendekati rekor Platini yang lincah.

Namun, itu tidak akan menghentikan mereka untuk mencoba, dan Euro 2020 adalah kesempatan berikutnya bagi para pemain untuk membuat sejarah bersama dengan timnas negara mereka. Euro 2020 memiliki daftar panjang pemain bintang yang siap bermain. Termasuk beberapa penyerang terbaik di dunia. Berikut adalah lima kandidat peraih Sepatu Emas di UEFA Euro 2020 seperti dikutip dari sportskeeda. Yang pertama adalah Cristiano Ronaldo. Banyak yang menilai permainan Cristiano Ronaldo musim ini mulai menurun.

Mereka memperkirakan ini bisa menjadi salah satu kesempatan terakhirnya tampil di level atas. Namun pada usianya yang telah mencapai 36, dia masih bisa mengakhiri musim dengan Capocannoniere dan total 36 gol di semua kompetisi. Kampanye 2020 21 akan menjadi ajang pembuktain Ronaldo masih merupakan kekuatan yang harus diperhitungkan.

Meskipun ia mungkin tidak lagi menjadi penyerang tercepat yang selama tahun tahun dia sandang. Tapi ia tetap menjadi salah satu pencetak gol paling produktif di Eropa. Pesepak bola Juventus ini bisa dibilang bersaing di Euro 2020 sebagai favorit untuk meraih Sepatu Emas. Ronaldo hanya tinggal satu gol lagi untuk menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa di Kejuaraan Eropa.

Setelah menjadi kapten pertama yang mengangkat trofi kompetitif bersama Portugal, Ronaldo berharap bisa membawa timnya meraih kemenangan di Euro 2020 musim panas ini. Calon peraih Sepatu emas berikutnya adalah Kylian Mbappe. Superstar dari Prancis ini adalah salah satu penyerang paling mematikan di dunia. Dia akan tampil dengan penuh gaya di panggung Euro.

Pemain Paris Saint Germain itu akan menghadapi Kejuaraan Euro pertamanya musim panas ini. Sebelumnya, Mbappe berperan penting dalam membawa Les Bleus memenangkan Piala Dunia 2018. Dia diperkirakan masih bisa memiliki dampak yang sama menjelang Euro 2020. Pemain berusia 22 tahun itu tampil luar biasa selama musim 2020 21, mencetak 42 gol dan membuat 11 assist dalam 47 pertandingan di semua kompetisi.

Sejalan dengan upayanya untuk menjadi salah satu peraih Sepatu Emas, potensi kemitraannya dengan Karim Benzema adalah faktor penting lainnya. Benzema adalah salah satu penyerang tengah terbaik di turnamen dan dapat membantu Mbappe menjadi lebih tajam membobol gawang. Calon peraih Golden Boot berikutnya adalah Kapten Inggris, Harry Kane. Pemain berusia 27 tahun itu tampil di liga domestik dengan mencetak 24 gol dan 14 assist, memenangkan penghargaan Sepatu Emas dan Playmaker terbaik Liga Premier.

Meski belum meraih satu gelar pun, Kane tetap mempertahankan statusnya sebagai salah satu striker terlengkap di dunia. Kane memenangkan Sepatu Emas di Piala Dunia FIFA 2018 untuk kiprahnya di Rusia, membawa Inggris ke semi final pertama mereka di kompetisi tersebut dalam 28 tahun. Dia adalah bagian dari unit penyerang yang brilian, termasuk pemain seperti Marcus Rashford, Jadon Sancho, dan bintang lainnya.

Kane akan berharap untuk memenangkan penghargaan pencetak gol terbanyak pertamanya di kejuaraan Eropa dan memimpin Inggris meraih kejayaan. Sepatu Emas Euro 2020 juga diperebutkan oleh Robert Lewandowski. Selama dua musim terakhir, Lewandowski menjadi striker terbaik di dunia. Dia membawa Bayern Muenchen meraih treble Eropa bersejarah pada 2019 20 dengan mencetak 55 gol.

Menjelang Euro 2020, ia memecahkan rekor bersejarah mencetak 40 gol Bundesliga yang menyamai rekor Gerd Muller, mencetak 41 gol hanya dalam 29 pertandingan. Pemain Polandia itu berada dalam performa terbaik dalam kariernya yang luar biasa sejauh ini, dia selalu menjadi salah satu pencetak gol paling produktif di Eropa. Menuju ke Euro 2020, Lewandowski tidak diragukan lagi menjadi kandidat peraih Sepatu Emas. Mungkin pemain berusia 32 tahun itu bisa mendapat peringkat lebih tinggi dalam daftar topskorer jika dia memiliki dukungan dari pemain lain di timnya.

Dan urutan yang kelima calon peraih sepatu emas Euro 2020 ditempati oleh Karim Benzema. Tidak diragukan lagi, Benzema menjadi pilihan utama striker menjelang Euro 2020. Didier Deschamps memanggil striker untuk pertama kalinya sejak akhir 2015 setelah diasingkan dari skuad karena masalah non teknis di luar lapangan. Namun, dengan Benzema sekarang kembali bersama Les Bleus dan siap tampil di Euro 2020, ia pasti akan menjadi pemain yang bisa meraih Sepatu Emas. Benzema adalah salah satu striker terbaik di dunia dan secara konsisten tampil untuk Real Madrid di bawah Zinedine Zidane dengan servis yang relatif sedikit di barisan penyerang.

Pria Prancis itu mengakhiri kampanye LaLiga musim lalu dengan lebih banyak gol dan assist (32) daripada pemain lain selain Lionel Messi. Dia sedang dalam performa yang bagus dan bisa menjadi pencetak gol terbanyak di kompetisi ini. Tentu saja persaingan sepatu emas 2020 juga terbuka untuk pemain lainnya. Termasuk Antoine Griezmann, Romelu Lukaku, Diogo Jota, Ciro Immobile, Memphis Depay, Serge Gnabry, Alvaro Morata, Timo Werner, Raheem Sterling, Olivier Giroud. Namun performa dalam setahun terakhir dari lima bintang di atas menunjukkan mereka lebih konsisten dalam mencetak gol dalam satu tahun terakhir.

RELATED ARTICLES

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *