Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) merupakan organisasi profesi yang menaungi para ahli farmasi di Indonesia. PAFI Kabupaten Dompu, sebagai bagian dari organisasi ini, memiliki peran penting dalam pengembangan profesi farmasi di tingkat kabupaten. Organisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan melalui pengembangan profesionalisme, pendidikan, dan kesejahteraan anggotanya.

 

Sejarah dan Visi Misi

 

PAFI Kabupaten Dompu berdiri sebagai bagian dari struktur organisasi PAFI pusat, yang berfungsi untuk mengkoordinasikan kegiatan para ahli farmasi di wilayah Dompu. Organisasi ini dibentuk dengan visi untuk menjadikan profesi farmasi sebagai profesi yang profesional, bermartabat, dan beretika tinggi. Misinya adalah untuk memberikan dukungan bagi anggotanya dalam peningkatan kompetensi, membangun jejaring profesional, serta berperan aktif dalam peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di masyarakat.

 

Kegiatan dan Program Kerja

 

PAFI Kabupaten Dompu melaksanakan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan integritas profesi farmasi. Beberapa program kerja yang rutin dilaksanakan antara lain:

 

  1. Pelatihan dan Seminar: Mengadakan pelatihan dan seminar untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para anggotanya. Topik yang dibahas meliputi perkembangan terbaru di bidang farmasi, regulasi obat, hingga manajemen apotek.

 

  1. Sosialisasi dan Edukasi: Mengadakan program sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai penggunaan obat yang benar, efek samping obat, serta pentingnya konsultasi dengan apoteker.

 

  1. Kolaborasi dengan Lembaga Kesehatan: Bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dan fasilitas kesehatan lainnya dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Kabupaten Dompu.

 

  1. Pengabdian Masyarakat: Melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat seperti bakti sosial, pemberian bantuan obat-obatan gratis, dan kampanye kesehatan di daerah terpencil.

 

  1. Pembinaan Anggota: Melakukan pembinaan secara berkala kepada para anggota untuk memastikan bahwa standar pelayanan farmasi yang diberikan sesuai dengan regulasi yang berlaku.

 

Peran dalam Pengembangan Profesi

 

PAFI Kabupaten Dompu berperan penting dalam pengembangan profesi farmasi melalui beberapa cara:

 

– Advokasi: Melakukan advokasi kepada pemerintah daerah untuk mendapatkan dukungan dalam pengembangan profesi farmasi serta memperjuangkan hak-hak dan kesejahteraan para ahli farmasi.

 

– Standarisasi: Membantu dalam penyusunan standar pelayanan farmasi yang sesuai dengan pedoman nasional dan internasional.

 

– Sertifikasi: Melaksanakan program sertifikasi bagi anggota untuk memastikan bahwa mereka memiliki kompetensi yang dibutuhkan dalam menjalankan profesinya.

 

Tantangan dan Harapan

 

PAFI Kabupaten Dompu menghadapi beberapa tantangan dalam menjalankan misinya, seperti keterbatasan sumber daya, kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya peran ahli farmasi, serta dinamika regulasi yang terus berubah. Namun, dengan semangat dan dedikasi yang tinggi, PAFI Kabupaten Dompu terus berupaya mengatasi tantangan tersebut.

 

Harapannya, ke depan PAFI Kabupaten Dompu dapat semakin berperan aktif dalam pembangunan kesehatan di Kabupaten Dompu. Dengan terus meningkatkan kualitas dan kompetensi para anggotanya, serta memperluas jangkauan pelayanan farmasi kepada masyarakat, PAFI Kabupaten Dompu berkomitmen untuk memberikan kontribusi terbaiknya dalam menciptakan masyarakat yang sehat dan sejahtera.

 

Penutup

 

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) Kabupaten Dompu adalah pilar penting dalam pengembangan profesi farmasi di wilayah Dompu. Melalui berbagai kegiatan dan program kerja yang inovatif, organisasi ini berusaha meningkatkan kualitas pelayanan farmasi dan memberikan edukasi kepada masyarakat. Dengan dukungan dari seluruh anggotanya dan kerja sama yang baik dengan berbagai pihak, PAFI Kabupaten Dompu akan terus berupaya menjadi garda terdepan dalam pembangunan kesehatan di Indonesia.

 

 

Sumber : pafikabdompu.org

 

RELATED ARTICLES

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *