Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga menelepon Naohisa Takato, pejudo kelas 60 kg yang memenangkan medali emas pertama Jepang di Olimpiade Tokyo. "Selamat atas medali emas pertama. Saya senang sekali, semangat selalu ya," kata PM Yoshihide Suga, Minggu (25/7/2021) pagi. Naohisa Takato pun tampak terharu setelah mendapat telepon langsung dari kepala negara Jepang dan mengucapkan terima kasih atas ucapan tersebut dari senpainya (PM Suga pemegang sabuk hitam Judo).

Naohisa Takato kelahiran Hsuda Prefektur Saitama 30 Mei 1993 adalah seorang judoka Jepang yang memulai olahraganya tersebut pada usia 7 tahun. Dia bergabung dengan klub judo Nogi machi sebagai siswa sekolah dasar, yang juga dihadiri oleh rekan setimnya Masashi Ebinuma. Takato telah menang di berbagai divisi berat badan di seluruh sekolah dasar dan menengah.

Almamater dari SMP dan SMA Sagami, dan memenangkan beberapa gelar nasional mewakili sekolah serta kejuaraan kadet dunia. Dia mulai kuliah di Universitas Tokai pada 2012, dan lulus pada 2016. Takato saat ini adalah judoka peringkat teratas di dunia dalam divisi extra lightweight.

Ia menjadi salah satu petarung judo yang paling menonjol dengan memenangkan Kejuaraan Dunia 2013. Pada tahun yang sama, ia juga memenangkan Masters di Tyumen dan Grand Slam bergengsi di Paris, Tokyo dan Moskow. Dengan keberhasilan tersebut, Takato menduduki peringkat No. 1 di dunia pada tahun 2013 dan 2014.

Dia memiliki rekor all win pada tahun 2013 dan mengkhususkan diri dalam drop kata guruma, gaya bertarung fisik dan teknisnya telah menjadi ikon dalam judo. Di luar matras, Takato adalah salah satu judoka yang paling banyak dicari pada tahun 2015 dan judoka pria berpenghasilan tertinggi di sirkuit IJF sejak 2012. Takato memenangkan medali perunggu sebagai perwakilan kelas ekstra ringan Jepang di Olimpiade 2016 dan memenangkan medali emas di ajang yang sama di Olimpiade 2020 yang diadakan di Tokyo, Jepang, Sabtu (24/7/2021).

Sementara itu beasiswa (ke Jepang) dan upaya belajar bahasa Jepang yang lebih efektif melalui aplikasi zoom terus dilakukan bagi warga Indonesia secara aktif dengan target belajar ke sekolah di Jepang. Info lengkap silakan email: [email protected] dengan subject: Belajar bahasa Jepang.

RELATED ARTICLES

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *