Toyota Fortuner, nama mobil satu ini memang sangat familiar bagi orang Indonesia. Maklum hadirnya mobil yang masuk kategori Sport Utility Vehicle (SUV) ini bukan hanya merajai jalanan se-Nusantara, namun juga beredar di sejumlah negara di dunia.

Bicara mengenai Toyota Fortuner, sebenarnya cukup menarik untuk disimak. Sebab, ada hal-hal unik serta jarang diketahui banyak orang. Oleh karena itu, berikut ini sejarah Toyota Fortuner yang perlu Anda ketahui.

Sejarah Toyota Fortuner

Generasi pertama (2005)

Di awal kehadirannya di Indonesia, tepatnya ketika pertama kali diperkenalkan pada gelaran International Motor Show (IIMS) tahun 2005 silam, Toyota Fortuner berstatus kendaraan rakitan dari Thailand. Mobil ini dibekali penggerak 4×4 dan mesin bensin 2TR-FE dengan pilihan 2.7 G dan 2.7 V bertenaga 161 daya kuda.

Seiring berjalannya waktu, Toyota Fortuner semakin dilirik konsumen di Indonesia, maka mulai dirakit di Indonesia di tahun 2007. Di tahun yang sama, Toyota Fortuner mulai dirilis di Indonesia.

Kehadiran Toyota Fortuner VNT (2012)

Di 2012, update dilakukan pada SUV ini dengan dilengkapi turbocharger. Mesin dieselnya juga menggunakan geometry turbin bervariasi atau Variable Geometry Turbocharger (VNT).  Maka, performanya dipercaya lebih bertenaga serta menghasilkan tenaga 140 daya kuda dan torsi 343 Nm. Tampilan eksteriornya juga lebih gagah.

Generasi kedua (2016)

2016 menjadi awal mulai adanya generasi kedua Toyota Fortuner. Mulai dari eksterior, interior serta mesinnya dipermak habis-habisan. Ubahan paling mencolok ada di bagian depan, yaitu pada lampu utama yang lebih sipit, fog lamp dan grille. Ada banyak perubahan yang menjadikan mobil ini semakin diminati.

Toyota Fortuner Facelift (2020)

Model terbarunya muncul di Thailand pada pertengahan 2020 dengan dua varian, yaitu Standard dan Legender yang merupakan varian tertinggi. Versi facelift ini lalu masuk di Indonesia di akhir 2020, tetapi tanpa varian Legender. Namun Varian tertingginya tetap dipegang oleh TRD Sportivo.

Kehadiran Toyota Fortuner GR Sport (2021)

Sejarah mobil Fortuner berlanjut sampai 2021 dengan kehadiran Toyota Fortuner GR Sport yang menggantikan TRD Sportivo sebagai varian tertinggi. Varian ini mempunyai tampilan dan desain yang lebih sporty serta dibekali fitur baru, seperti Auto A/C with Dual Zone. Sedangkan mesin tidak ada ubahan, varian ini masih menyediakan dua opsi, yakni diesel dan bensin.

 

 

RELATED ARTICLES

Sejarah Singkat Tentang Mobil Toyota Fortuner

Toyota Fortuner, nama mobil satu ini memang sangat familiar bagi orang Indonesia. Maklum hadirnya mobil yang masuk kategori Sport Utility Vehicle (SUV) ini bukan hanya merajai jalanan se-Nusantara, namun juga beredar di sejumlah negara di dunia. Bicara mengenai Toyota Fortuner, sebenarnya cukup menarik untuk disimak.…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *