Jika ingin pergi liburan keluar negeri pastikan mempersiapkan segala hal dengan baik. Mulai dari apa yang dibawa sampai menyiapkan pembelian asuransi perjalanan luar negeri untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan. Persiapan ini mungkin memakan waktu sampai beberapa hari atau minggu, jadi siapkan semuanya jauh-jauh hari.

 

Persiapan Liburan ke Luar Negeri

Perjalanan ke luar negeri akan semakin nyaman jika ditunjang dengan persiapan matang. Sebab ada lebih banyak barang perlu dibawa saat menikmati perjalanan ke luar negeri. Supaya tidak bingung mengenai apa saja yang perlu disiapkan, berikut detailnya:

 

1. Persiapkan Paspor Maupun Visa

Pergi ke luar negeri baik untuk tujuan liburan, perjalanan bisnis, kuliah, dan sebagainya membutuhkan setidaknya dua dokumen. Yakni paspor dan visa. Kunjungan ke negara tetangga seperti Thailand, Malaysia, Singapura, dan sebagainya memang tidak membutuhkan visa.

Namun, jika liburan kali ini dilakukan di luar negara tetangga maka mau tidak mau harus mengurus paspor sekaligus visa. Prosesnya bisa beberapa minggu dengan sistem online maupun offline. Jadi, silahkan diurus jauh-jauh hari agar tidak gelagapan.

2. Mencari Informasi Tentang Destinasi

Destinasi di negara lain tentu masih asing, tidak pernah dikunjungi sebelumnya dan hanya bermodalkan informasi dari relasi maupun internet. Jadi, cari tahu sebanyak mungkin terutama untuk daftar hal yang sebaiknya dilakukan dan sebaliknya. Sekaligus cari tahu destinasi terbaik sesuai musim, anggaran, dan aspek lainnya.

3. Menyusun Rencana Kegiatan

Pergi liburan secara spontan mungkin memberi sensasi seru. Hanya saja model liburan seperti ini kurang cocok untuk destinasi luar negeri. Sebaiknya menyusun rencana kegiatan dengan baik. Berisi daftar destinasi dan jadwal kegiatan esensial lainnya selama liburan.

4. Menyiapkan Anggaran yang Cukup

Biaya liburan ke negara lain tentu lebih mahal dibandingkan liburan ke negara sendiri. Khususnya untuk kunjungan ke area Indonesia bagian barat yang cenderung masih ekonomis. Jadi, siapkan anggaran yang cukup dan tidak masalah jika dipersiapkan beberapa tahun sebelumnya. Tidak perlu buru-buru, pastikan anggaran cukup baru berangkat.

5. Booking Akomodasi dan Transportasi

Persiapan berikutnya adalah booking atau memesan kebutuhan akomodasi maupun transportasi. Transportasi biasanya dengan naik pesawat jadi silahkan pesan tiketnya jauh-jauh hari. Kemudian untuk akomodasi bisa memilih hotel, motel, atau yang lainnya sesuai kebutuhan dan anggaran. Pastikan juga dipesan jauh-jauh hari.

6. Persiapkan Koper dan Barang Bawaan

Barang yang akan dibawa selama liburan ke luar negeri sebaiknya sudah dipersiapkan jauh-jauh hari. Jika berkunjung ke negara empat musim, pastikan sudah mengecek musimnya apa agar menyiapkan baju yang sesuai.

7. Persiapkan Kondisi Kesehatan

Tidak ketinggalan adalah mempersiapkan kondisi kesehatan, jangan bepergian ke luar negeri dalam kondisi sakit. Jadi, silahkan jaga kondisi badan dengan makan rutin dan sehat, istirahat cukup, olahraga teratur, dan lain-lain.

 

Persiapan yang matang dibutuhkan saat pergi berlibur ke luar negeri, sebab jarak dengan rumah dan keluarga sangat jauh. Belum lagi dengan kebijakan seperti aturan hukum dan sebagainya yang berbeda dengan di Indonesia. Jadi, silahkan mempersiapkan beberapa hal yang sudah dijelaskan di atas.

 

RELATED ARTICLES

Leave a Reply

Your email address will not be published.