Jika kamu memiliki rencana berwisata ke Surabaya atau sekedar bepergian, maka kamu harus coba mampir ke Kampung Arab. Kamu bisa berwisata kuliner, berburu pernak-pernik khas Timur tengah dan hunting foto di spot-spot keren. Lokasi Kampung Arab Surabaya ini berada di wilayah makam Sunan Ampel. Tepatnya Jl. Ampel Kejeron III No.4, RT.006/RW.02 Kecamatan Semampir Surabaya.

Ketika datang kamu bisa menyusuri lorong di sepanjang kampung Arab. Disana terdapat berbagai toko yang menjual barang-barang seperti parfum, baju koko, beraneka ragam baju muslim, sarung, sajadah dan perlengkapan ibadah lainnya. Tak lupa ada kurma dan oleh-oleh haji lainnya seperti air zam-zam.

Berikut ini hal seru yang bisa kamu lakukan di Kampung Arab Surabaya:

  1. Berbelanja di Ampel Gubah

Pertama kamu bisa berbelanja berbagai benda menarik di ampel Gubah. Lokasinya merupakan pintu masuk jalur selatan yaitu Ampel suci atau disebut juga Ampel Gubah. Disini kamu akan menemukan berbagai pernak pernik bernuansa Timur Tengah. Ada tokoi parfum, perlengkapan ibadah, oleh-oleh haji, kurma, permadani, dan lainnya.

 

  1. Memanjakan Lidah di Jalan Sasak

Tak lengkap berwisata tanpa mencicipi kulinernya, kamu bisa berwisata kuliner setelah puas berjalan-jalan menyusuri perkampungan Arab. Kamu bisa memanjakan lidah di Jalan Sasak. Pada kanan-kiri jalan tersedia banyak sekali penjual makanan dengan kuliner khas Timur Tengah, misalnya nasi kebuli, gule maryam, sambosa, kebab, hingga nasi biryani.

Hampir 24 jam lokasi kuliner ini buka, jadi tenang saja jam berapapun kamu datang akan ada saja pilihan kuliner yang bisa dicoba. Tetapi memang waktu yang paling pas untuk menikmati wisata kuliner disini adalah sore hingga malam hari.

 

  1. Berburu Spot Fotografi di Bangunan Bersejarah

Selain kulineran, tentu yang tak boleh ketinggalan saat berwisata adalah berfoto-foto. Kawasan Surabaya Utara, khususnya wilayah Kampung Arab ini dikelilingi oleh bangunan-bangunan bersejarahnya yang masih terjaga dengan baik. Kamu bisa berburu foto dengan spot menarik di Kampung Arab ini, misalnya di depan Hotel Kemadjoean yang merupakan hotel ikonik di kawasan ini. Bangunan lawas yang menambah keindahan foto kamu. Kamu juga bisa mamndangi arsitektur bangunan disekeliling serta berinteraksi dengan masyarakat Kampung Arab yang multikultural.

Warga Jakarta yang ingin berlibur ke Surabaya bisa membeli tiket pesawat Jakarta – Surabaya di Pegipegi. Kamu bisa membeli tiket pesawat lewat aplikasi Pegipegi sesuai tanggal keberangkatan yang diinginkan. Banyak tersedia berbagai promo tiket pesawat yang menguntungkan. Tersedia juga berbagai pilihan pembayaran sehingga sangat mudah bertransaksi, juga ada layanan pelanggan yang akan selalu siap membantu kamu jika menemui kesulitan saat memesan tiket. Pegipegi bisa menjadi solusi traveling kemanapun kamu pergi.

 

 

RELATED ARTICLES

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *